Desember 03, 2009

GLOBAL CITIZENS

teaching skill: KEWARGANEGARAAN DUNIA, APAKAH ITU?

Tujuan:
Untuk menyadarkan siswa bahwa mereka berpotensi melakukan perubahan; untuk bertindak sesuai keputusan kelompok; berkompromi; rasa hormat harga diri dan tumbuh dengan perbedaan dan keberagaman; yakin bahwa sesuatu akan dapat menjadi lebih baik; dan individu-individu dapat membuat satu perbedaan.

Harus berbuat apa:
Anda akan membutuhkan satu set yang berisi sembilan poin tertulis di bawah, perkelompok terdiri dari empat atau lima orang.

Tiap poin tertulis pada salinan kertas tersendiri.
1. Saya berusaha mengerti apa yang orang lain rasakan.
2. Saya adalah penting sebagaimana orang lain.
3. Tiap orang sederajat dengan saya, namun berbeda dengan saya.
4. Saya tahu apa adil dan tidak adil, dan berusaha untuk lakukan hal benar.
5. Saya memelihara lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.
6. Saya berusaha untuk menolong orang lain dan tidak memerangi mereka.
7. Saya mempunyai ide-ide sendiri tetapi saya dapat mengubah mereka ketika sadar mereka salah.
8. Saya ingin belajar lebih banyak tentang dunia.
9. Saya rasa saya bisa mengubah hal-hal di dunia.

Dalam kelompok-kelompok diskusi kecil, minta siswa-siswa untuk menempatkan pernyataan-pernyataan ini disusun menurut kepentingan. Model gambar berlian, pernyataan paling penting ada di puncak dan yang kurang penting di dasar. Pernyataan-pernyataan kepentingan yang sama ditempatkan bersampingan.

Siswa-siswa membutuhkan kerja sama dan memberi alasan untuk mendapatkan pandangan tiap individu. Setelah sekitar 15 menit membahas aktivitas sebagai satu kelas keseluruhan, tiap kelompok menjelaskan hasil diskusi mereka, mengapa. Ajak
siswa-siswa di kelompok-kelompok agar dapat menunjukkan hal-hal yang penting.

Sebagai contoh, untuk poin pertama, sarankan peserta agar mendengarkan yang lain. Tanya pada yang lain apa yang salah dan bagaimana perasaan mereka, atau bantu orang lain yang sendirian.

Satu hal yang sulit siswa lakukan mungkin, ”Saya penting sebagaimana orang lain.”
Mungkin Anda bisa memberikan mereka beberapa contoh, seperti : ”Saya sangat baik di …” atau ”Saya membantu di dalam kelas dengan …”

Disarankan kepada siswa-siswa yang menunjukkan bahwa mereka Global Citizens (kewarganegaraan dunia), dapat memamerkan karyanya.

Hasil yang diharapkan:
Perhargaan akan diri sendiri siswa meningkat. Siswa merasa penting, berharga, mampu bertanggung jawab, dan dapat melakukan perubahan.TG



*) Tulisan ini diterbitkan pada Teachers Guide Edisi No. 09 Vol III/2009. Dapatkan hard copy di toko-toko Gramedia dan Gunung Agung sekitar Anda. Atau hubungi bagian berlangganan Hp/SMS ke 021 68458569

Tidak ada komentar: