Juni 02, 2009

SADe’s Tradisional Festival 2009


Menumbuhkan Cinta Budaya Bangsa bagi siswa Sekolah Alam Depok

Siaran Pers dari Sekolah Alam Depok/Juni 2009. Menumbuhkan rasa cinta budaya pada anak-anak sejak dini. Dengan kekuatan budaya dalam diri anak, ia akan tumbuh berkarakter dan mampu tampil berakar budaya saat kelak di ajang globalisasi.

Itulah misi acara SADe’s Traditional Festival 2009 di Sekolah Alam Depok, Jawa Barat. Sejumlah kesenian daerah ditampilkan, seperti tari Kicir-kicir (Betawi) oleh siswa Play Group dan TK-A, tari yamko rambe yamko (Papua) oleh siswa TK-B, tari Saman (Aceh) oleh siswa SD-1, Lenong bocah (Betawi) oleh siswa SD-2, Pencak silat (Jawa Barat) oleh siswa SD-3.

Supaya lebih kental suasana budaya, tiap kelas membuat stand bertema daerah tertentu sesuai pentas budaya yang mereka tampilkan. Ada cenderamata, makanan khas daerah, contoh rumah adat, alat musik, permainan tradisional, dan lainnya.

Acara diawali dengan lenggak-lenggok anak-anak TK-A yang menampilkan barisan penari Kicir-kicir menyambut tamu dating. Imam Budi Hartono (anggota legislatif Kota Depok) memukul bedug membuka acara ini, yang kemudian diiringi gemuruh petasan yang disambut tari dan nyanyi Yamko Rambe Yamko oleh anak-anak TK-B.

Para penonton terpingkal menyaksikan gerak dan celoteh siswa SD-2 menampilkan Lenong bocahnya dengan spontan dan lucu. Juga terkagum melihat keteraturan dan keharmonisan gerakan tari Saman dan pencak silat. Selain penampilan dari siswa, tak kalah menariknya para guru menyanyikan medley lagu-lagu daerah. Acara ditutup dengan lomba bakiak oleh orangtua. Wah, heboh banget deh...


Semoga dengan langkah kecil ini jadi awalan baik menumbuhkan cinta akan budaya bangsa.TG

Tidak ada komentar: