Oktober 28, 2009

Membuat Guru lebih Kreatif


Ada banyak cara menggugah semangat tim sekolah. Salah satunya dengan seminar-outbound seperti yang dilakukan oleh SMK Negeri 3 Balikpapan, dalam rangka HUT ke27, pada akhir Juli lalu. Temanya memang dibuat menarik, ”AMAZING TEACHER” yang dibawakan oleh Iman Ardhajat Tresna, motivator dari majalah Teachers Guide dari Bandung.

“Ini mempererat tali persaudaraan antar staf dan karyawan, mulai dari petugas kebersihan, keamanan, tata usaha, Guru hingga Kepala Sekolah, yang seluruhnya berjumlah 106 orang,” kata Hadi Suwito S.Pd, MM, kepsek SMKN 3 Balikpapan.

Amazing Teacher membekali Guru tentang bagaimana membuat pembelajaran menjadi menarik karena anak-anak diberi sedikit kejutan atau semacam trik agar termotivasi dan fokus memulai belajar. Fitrahnya, siswa sesungguhnya memiliki kecerdasan yang hebat, prestasi yang hebat, namun agar kehebatan itu muncul keluar tentu harus diasah oleh Guru-guru yang hebat pula.

Dan itulah yang coba digali oleh Iman Ardhajat Tresna dalam seminar-outbound AMAZING TEACHER. Sejumlah latihan konsentrasi, trik dan tip yang memukau, ice-breaking yang menghibur peserta, tampaknya berhasil merefresh semangat peserta yang ‘lelah’ terbebani rutinitas sekolah.

Di hari kedua, seluruh peserta diajak ke lapangan. Meski cuaca panas, peserta antusias dan makin semangat. Melebur tanpa peduli golongan atau jabatan, tumbuh kebersamaan menyelesaikan suatu permainan kelompok, seperti membuat yel-yel tentang makanan daerah, memindahkan hula-hop, memindahkan pipa, memindahkan bola dengan tali, dan flying people.

Setiap orang memperlihatkan karakter asli, sebuah cara mengembangkan diri dan bertoleransi. Ada yang pemarah, ada yang menenangkan,ada yang membimbing dan sebagainya. Kerjasama dan saling pengertian di setiap permainan tumbuh membuat penyelesaian masalah berjalan cepat dan tepat. Kegiatan ditutup dengan saling memaafkan. Justru inilah puncak acara, karena tiap peserta dengan ikhlas dan terus terang menyatakan kesalahannya selama ini, bahkan tak sedikit peserta yang menangis menyesali dan siap berubah meningkatkan kerjasama memajukan pendidikan di SMKN 3 Balikpapan.

Tentu, semangat yang tumbuh sebagai ‘amazing teachers’ haruslah terus dijaga selepas seminar-outbound. SMK Negeri 3 Balikpapan bisa! TG

*) Tulisan ini diterbitkan pada Teachers Guide Edisi No. 09 Vol III/2009. Dapatkan hard copy di toko-toko Gramedia dan Gunung Agung sekitar Anda. Atau hubungi bagian berlangganan Hp/SMS ke 021 68458569

Tidak ada komentar: