Oktober 27, 2009

SELANGKAH MAJU LANGKAHAN

Program Pendampingan DD Republika -Exxon Mobil Oil Indonesia


Aceh Utara, termasuk kecamatan Langkahan, merupakan salah satu wilayah di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam yang rawan banjir. Setiap musim hujan, banjir bahkan setinggi meter mengusik warga. Termasuk mengganggu proses belajar mengajar di SDN 07 Langkahan. Tentu saja, akibatnya kualitas belajar dan mutu pendidikan menurun.

Keadaan inilah melatarbelakangi program pembangunan dan pendampingan SDN 07 Langkahan, yang terwujud atas kerjasama DD Republika (diwakili Lembaga Pengembangan Insani) dan pihak Exxon Mobil Oil Indonesia. Selesai pembangunan November tahun lalu, SDN 07 Langkahan memiliki sekolah baru, bebas banjir.

Pembangunan fisik selesai, kini SDN 07 Langkahan memasuki program pendampingan secara intensif selama 2 tahun, agar menunjukkan kemajuan yang berarti. Program pendampingan ini dikelola oleh Makmal Pendidikan-Lembaga Pengembangan Insani DD Republika, yang mengutamakan bergerak di bidang pemberdayaan kaum marginal melalui pendidikan.

Keberhasilan pendampingan akhirnya terpulang pada komitmen para guru itu sendiri. Akan halnya di SDN 07 Langkahan, para Guru serius berkomitmen. Kelihatan sewaktu pelatihan seperti tim building, serta workshop display kelas.

Selama pendampingan ini, pembelajaran terus meningkat. Suasana kelas lebih dinamis dengan display karya siswa. Pak Guru Mukiman, mewakili Aceh Utara mendapat penghargaan pemerintah NAD sebagai guru daerah terpencil yang telah mengabdi selama 20 tahun.

Adapun para siswa, Muhammad Di’un (kelas VI, Juara MTQ), Siti Aminah (Kelas VI, Juara Badminton), Raminah (Kelas VI, Juara I Lari Cepat}, dan Restu Hariadi (kelas VI, pelajar terbaik) berprestasi di tingkat kecamatan Langkahan.

Pendampingan yang intensif dibutuhkan agar tumbuh kualitas sebuah sekolah. Terbukti dari aktifnya para guru dalam berbagai pelatihan dan workshop yang dilaksanakan serta monitoring & evaluasi yang dilakukan secara berkala. Kerjasama dan komitmen Guru akan membawa kemajuan luar biasa bagi SDN 07 Langkahan ini ke depan. Sehingga, pendidikan berkualitas tidak hanya dinikmati oleh siswa di daerah kota saja namun bisa dirasakan siswa-siswa yang berada di pelosok terpencil Indonesia. Semoga. TG

*) Tulisan ini diterbitkan pada Teachers Guide Edisi No. 09 Vol III/2009. Dapatkan hard copy di toko-toko Gramedia dan Gunung Agung sekitar Anda. Atau hubungi bagian berlangganan Hp/SMS ke 021 68458569

Tidak ada komentar: