Mei 21, 2009

HANDBOOK, panduan tertulis handy dan catchy


Semenjak ada siswa yang merayakan ulang tahun di sekolah, kian banyak yang mengikuti. Tak jarang lima sampai enam undangan ultah beredar setiap bulan.

Awalnya tidak ada masalah. Lama-lama, orang tua jadi gerah. Satu undangan ‘kan satu kado. Belum lagi untuk sang Guru kelas, yang merangkap jadi MC acara, serta keperluan penyiapan pernik-pernik ultah yang merepotkan. Masih ada lagi rombongan keluarga yang ikut datang merayakan.

Cerita lain, mulanya, seorang siswa meminta Guru kelas memberi les tambahan di rumah. Alasan ortu, anaknya kurang paham kalau tak dibahas khusus. Lama-lama beberapa anak meminta Guru nge-les-in anak secara ‘diam-diam’ di rumah. Tak enak rasa hati, lantaran pimpinan sekolah kabarnya melarang Guru memberi les tambahan bagi siswanya sendiri di rumah.

Kasus berbeda, saat anak terjatuh berlari dan terluka di sekolah, siswa langsung dilarikan ke klinik terdekat untuk mendapat pertolongan pertama. Ternyata dibutuhkan tindakan jahitan pada luka robek. Sekolah menanggung biaya awal. Selebihnya kewajiban ortu. Ternyata ortu menuntut pembiayaan berobat selanjutnya, yang katanya menjadi tanggung jawab sekolah. Wah ……

Berapa banyak persoalan di sekolah Anda kadang tak terpikirkan sejak awal. Begitu ada kasus, baru aturan dibuat dan diberlakukan. Kesimpangsiuran
informasi akhirnya menjadi info tak sedap yang merugikan citra sekolah. Citra tak kasat mata. Pencitraan kian penting. Ada yang bisa akrobat berimprovisasi. Ada yang kelabakan mencari solusi.

Klise! Masalahnya Berkisar pada Komunikasi
Mengapa Anda tak segera membuat hand book , sebagai media komunikasi
tertulis yang bisa dijadikan pegangan dan petunjuk. Isinya tentang
rambu-rambu sekolah, yang kian hari kian bertambah banyak ragamnya.

Perwajahan Hand Book
Umumnya didisain secara khusus, dengan cover yang menggambarkan visi-misi sekolah. Hand book bukan hanya sekedar brosur, karena berisi informasi untuk siswa dan orang tua internal (bukan lagi kandidat). Ukuran dan bentuk sangat bervariasi. Ada yang sebesar majalah, ada yang sebesar buku tulis, A4 dibagi dua, dan sebagainya.

Daftar isi mencerminkan profil sekolah, pendiri dan pelaksana, filosofi, kurikulum, metode, dan pendekatan pembelajaran. Dimuat pula behavior expectations atau perilaku yang diharapkan, mission statement - berupa kalimat bertenaga yang menjadi ‘pemersatu tujuan’. Biasanya ditampilkan secara lebih menyolok.

Bagian kedua biasanya berisi kebijakan dan prosedur. Mulai dari proses pendaftaran hingga setting kelas dipaparkan secara ringkas, point per point. Masukkan semua info yang patut diketahui orang tua, mulai dari school beliefs, student character, pelaksanaan pengayaan dan pendalaman bagi siswa, pelaksanaan evaluasi, larangan pemberian ucapan terima kasih pada Guru, kegiatan parenting, penyedia catering, jadwal jemputan, jadwal konseling, dan urusan kesiswaan lainnya.

Bagian ke tiga, dapat diisi dengan aturan dan disiplin. Reward pusnishment,
pengembalian raport, aturan pembayaran, pemakaian seragam, peminjaman buku paket, peraturan PR, aturan perpustakaan, perayaan ulang tahun, tempat tunggu sopir dan babby sitter, penggunaan hp, hot spot, konsekuensi-konsekuensi, alur komunikasi, dan lain-lain.

Bagian empat menunjukkan kepedulian sekolah pada lingkungan, kesehatan dan keamanan. Larangan membawa makanan ber MSG, merokok dan pertolongan pertama pada kecelakaan, pengembangan community development, advokasi hidup sehat, sadar lingkungan, hemat energy, networking dan sebagainya.

Bagian akhir bisa diisi apa saja yang menjadi perhatian sekolah. Intinya adalah memberi informasi dan ketentuan secara tertulis, agar komunitas sekolah tahu persis apa yang diharapkan dan diberlakukan. Setelah itu beres? Belum! Masih banyak kalangan ortu yang lebih senang ‘dikasih tahu’ daripada membaca peraturan.

Hand book membawa misi korporasi secara keseluruhan. Ada kalanya digabung dengan kalender meja di bagian belakangnya. Banyak tenaga visual akan membantu Anda mendisain hand book yang handy dan catchy. Tidak harus mewah, yang penting mewakili selera sekolah.TG

*) Tulisan ini diterbitkan pada Teachers Guide Edisi No. 8 Vol III/2009. Dapatkan hard copy di toko-toko Gramedia dan Gunung Agung sekitar Anda. Atau hubungi bagian berlangganan Hp/SMS ke 0856 8040 385.

Tidak ada komentar: