Mei 06, 2009

INFO BEASISWA LMPI JAKARTA

Beasiswa Program Pengembangan Kapasitas Pendidik.

Dari: LMPI School of Education, lmpi_school@yahoo.com

Kepada Bapak/ Ibu yang terhormat,

Berikut kami informasikan BEASISWA Program Pengembangan Kapasitas Pendidik yang dilaksanakan oleh LPK LMPI School of Applied Education pada bulan Mei- Agustus 2009 Mohon informasi ini disebarluaskan kepada rekan-rekan yang diindetifikasi cocok untuk mengikuti program tersebut. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Lusi Pudjiati, S.Pd = Sekretariat dan BAK LPK LMPI School of Applied Education

INFORMASI BEASISWA UNTUK TERM VI
Pengelolaan Program Pendidikan
( Mei – Agustus 2009 )
LPK LMPI School of Applied Education adalah penyelenggara pendidikan non-formal sejak tahun 2003 dengan misi dan prinsip memberikan solusi sekaligus membangun model pendidikan masa depan Indonesia. Lulusan LPK LMPI School of Applied Education memiliki kemampuan mengajar sekaligus kapasitas pengetahuan dan keahlian pengelolaan lembaga maupun program Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar.

Secara khusus sejak tahun 2007, LMPI School of Applied Education menetapkan “Kemampuan mengantisipasi sekaligus menjalankan program pendidikan transformatif” sebagai indikator pencapaian yang diproyeksikan untuk dimiliki peserta studi .

Sehubungan dengan telah dimulainya masa pendaftaran bagi pestudi baru, LPK LMPI School of Applied Education memberikan kesempatan kepada 2 (dua ) orang untuk mendapatkan beasiswa Program Pengembangan Kapasitas Pendidik . Program Pengembangan Kapasitas Pendidik adalah program intensif 4 bulanan selama 1 term ( kumulatif 144 jam ) setara dengan tingkat terampil.

Tujuan beasiswa ini adalah sebagai bentuk dukungan untuk mengembangkan potensi para pendidik/ calon pendidik/pengelola program pendidikan/peminat pendidikan yang membutuhkan pendalaman wacana, skill dan atau memiliki keterbatasan finansial .

Bentuk beasiswa :

1. Half Scholarship ( 1 Orang )
Bagi penerima beasiswa Half Scholarship dibebaskan 50% biaya dari seluruh pestudian (50 % x Rp 1.005.000,- = Rp 502.500,- ) dan berhak mendapat sertifikat program Pengembangan Kapasitas Pendidik jika memenuhi semua kriteria kelulusan program

2. Voluenter Scholarship ( 1 Orang )
Bagi penerima beasiswa voluenter scholarship diwajibkan untuk berelawan selama 2 (dua) hari di LMPI School of Applied Education di luar waktu perstudian selama masa perstudian berlangsung (Selain hari Jumat dan Sabtu), dibebaskan dari seluruh biaya pestudian ( Rp. 1.005.000,-) dan berhak mendapat sertifikat program Pengembangan Kapasitas Pendidik jika memenuhi semua kriteria kelulusan program

Syarat Penerima Beasiswa
1. Minimal Tamatan Jenjang Sekolah Menengah Atas dan sederajat
2. Perwakilan dari lembaga ataupun perorangan yang memiliki dampingan program pendidikan PAUD/TKBM/PKBM/Rumah Singgah/ Pendamping Belajar Anak Jalanan ( utamanya untuk komunitas marjinal ) di daerah JABODETABEK
3. Mengisi Lembar Aplikasi Beasiswa ( terlampir dan bisa didapat di www.lmpi-iemi.org)
4. Melampirkan gambaran tentang program yang sedang dan atau akan digulirkan (max 3 lbr)
5. Melampirkan surat keterangan/ profil lembaga dan surat rekomendasi dari lembaga.
Batas waktu untuk melengkapi persyaratan adalah Selasa, 18 Mei 2009
Kelas Perdana akan dilaksanakan pada Jumat, 22 Mei 2009
Perstudian dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu, Pk. 09.00 – 16.00 WIB

Kelengkapan persyaratan beasiswa dapat dikirim melalui Pos, Fax dan Email ke
LPK LMPI School of Applied Education
Jl. Utan Kayu Raya no. 20A, Jakarta Timur 13120
Fax. 021 8583536, email : lmpi_school@yahoo.com

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi di nomor 021. 8583536 / 021 93202438,
Website : www.lmpi-iemi.org

Terimakasih atas perhatiannya.

Ike. Arriany
Koordinator Program
LMPI School of Applied Education

=======================================================================
Pengembangan Pendidikan Kontekstual
( Mei - Agustus 2009 )
LPK LMPI SCHOOL of APPLIED EDUCATION

1. DINAMIKA PERKEMBANGAN PENDIDIKAN GLOBAL
Memberikan pemahaman dasar tentang perkembangan pendidikan global yang telah, sedang dan akan mempengaruhi konstelasi perkembangan pendidikan di Indonesia: baik dalam hal sunstansi kurikulum, metode pembelajaran, serta manajemen penyelenggaraan pendidikan.

2. PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS PENDIDIK
Memberikan pemahaman tentang peta konsep profesionalitas pendidik ( khusunya guru dan kepala sekolah) di Indonesia dan 4 negara lainnya; Pengenalan skema pengembangan sekaligus sistem pengujian kompetesi guru di Indonesia; Pengenalan model alternatif pengembangan kompetensi pendidik berdasarkan pendekatan new microteaching dan leadership

3. MANAJEMEN KONSELING ANAK dan PENDIDIKAN
Memberikan pemahaman tentang prinsip dasar konseling untuk anak dalam konteks pendidikan baik berdasar jenis dan jenjang pendidikan ( TK,SD, PAUD Non Formal), maupun berdasarkan kasus kejadian dan kondisi subyek belajar (phobia, bullying, anak cerdan berbakat, anak berkebutuhan khusus). Praktek perancangan program konseling bersahabat anak.

4. LINGKING HOME, SCHOOL AND COMMUNITY
Memberikan pemahaman dasar tentang kedudukan sekolah dalam perspektif historis pendidikan, perspektif negara dan pemerintah serta sekolah sebagai komunitas pendidikan: Pengenalan konsep Lingking Home, School, and Community (Sebagai sebuah pembelajaran yang mengoptimalkan interaksi edukatif antara sekolah, rumah dan komunitas) pada tingkat kebijakan pendidikan kurikulum, dan sekolah model. Eksplorasi konsep Lingking Home, School, and Community ke dalam sistem KTSP untuk persekolahaan di Indonesia.

5. PENGELOLAAN ADMINISTRASI KELEMBAGAAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL
Pengenalan sekaligus eksplorasi multiaspek penggunaan berbagai bentuk tehnologi pendidikan ( yang selama ini masih kurang optimal aplikasi pemanfaatannya ) dalam proses pembelajaran menyenangkan; Pengenalan sekaligus eksplorasi potensi tehnologi informatika sebagai sarana mendapatkan multiaspek sumber belajar; Perancangan sekaligus praktek penerapan teknologi pendidikan dan teknologi informatika sebagai model pembelajaran menyenangkan yang berintegrasi dengan manajemen kelas.

(Catatan : Pestudi term VI akan terlibat secara aktif dalam peyelenggaraan acara 123 Inspiring Days and Global Youth Service Day 2009 ( April – Agustus 2009 ), event berskala internasional dan nasional yang di koordinir oleh LPII Foundation dan LPK LMPI School of Applied Education sebagai Local Organiser pada even tersebut)

Kelas perdana untuk term VI akan dilaksanakan pada Jumat, 22 mei 2009. Kelas perstudian diselenggarakan hari Jumat dan Sabtu pukul 08.30 -16.30 WIB dan setiap mata ajar terdiri dari 16 sesi yang dilaksanakan dengan metode satu sampai dua kali pertemuan/sesi tiap minggunya.


* Info promotif ini disampaikan oleh LMPI School of Education, sekolahnya para guru dan kepala sekolah.

Tidak ada komentar: