September 24, 2008

Paradigma

10 TANDA Maju Mundurnya Bangsa,
Muaranya Jelas Masalah Pendidikan

Eddy Wiyono M.Com,
Pakar kecerdasan holistik, pembicara tetap radio Smart FM 'Indonesia Strong from Home' .

Seperti disampaikan pada sebuah seminar di Depok, Jawa Barat.

Seorang Thomas Lickona, membuat daftar yang bisa menjadi indikator, apakah sebuah Bangsa mengalami kemunduran. Coba saja berikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini kepada orang tua siswa. Apakah menurut mereka, hal-hal di bawah ini sudah terjadi di lingkungan mereka ?

Kalau indikasi itu sudah seratus persen terjadi, ini jelas bukan sekedar masalah biasa. Tanda-tanda jaman ini hendaknya menjadi sebuah indikator perpecahan atau kemunduran bangsa. Sekali lagi, ini adalah masalah pendidikan. Bukan masalah kependudukan atau bidang lain semata, yang menuntut kita para Guru, agar kembali menyeimbangkan antara ranah pengetahuan dengan ketrampilan dan sikap.

Inilah indikator itu.
(jawablah dengan YA jika Anda sudah melihat atau merasakan. Jawablah BELUM atau TIDAK, jika Anda rasa hal ini memang belum tampak)

1. Terjadi perilaku kekerasan di lingkungan remaja

2. Meningkatnya penggunaan kata ejekan, makian dan celaan
3. Lebih terpengaruh teman daripada orang tua
4. Seks bebas, alkohol, dan narkoba
5. Merosotnya perilaku moral, dan meningkatnya egoisme diri sendiri
6. Menurunnya nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air
7. Rendahnya rasa hormat pada orang tua dan guru
8. Rendahnya tanggung jawab pribadi pada publik
9. Ketidakjujuran terjadi di mana-mana
10. Rasa saling curiga antar sesama warga negara

Berapa kali sehari kita bisa mencermati tanda-tanda kemunduran ini sedang berlangsung? Coba ajak anak naik kendaraan umum. Kereta api dalam kota atau bus kota. Jika penumpang sudah penuh, ada nenek-nenek naik, apakah masih ada yang akan memberikan kursi bagi nenek tersebut?

Atau jika kita sendiri sedang mengendarai mobil, melintasi traffic light. Jika lampu menunjukkan warna kuning yang sedianya untuk memberi peringatan bersiap, alih-alih memperlambat kendaraan,yang terjadi justru tancap gas agar tak kena lampu merah. Duh......

Apa yang terjadi dengan genk Nero di Salatiga? Berapa banyak anak didik Anda kenal lagu kebangsaan dan punya sikap menghargai tetangga yang berbeda agama? Lagu Indonesia Raya pun jarang diperdengarkan tiap hari Senin. Upacara bendera menjadi kegiatan yang terkesan jadul.

Nah... segeralah berbenah untuk meminimalisir indikator di atas. Jika itu sudah terjadi di lingkungan kita, apa yang bisa kita lakukan? Anda para pengajar dan pendidik, pahami dan maknai indikator kemunduran bangsa dari Thomas Lickona ini sebagai tantangan. Keteladanan Anda haruslah seimbang dengan pembelajaran yang Anda berikan.*** TG

*Artikel ini diterbitkan pada Teachers Guide Vol 2, No.06/2008

Tidak ada komentar: