September 23, 2008



SIAP BERUBAH
: CHANGE READINESS


Semangat Kebangkitan Nasional menjadi aroma yang menggugah sepanjang tahun 2008 ini. Sangat banyak kegiatan yang dilakukan untuk mengingatkan kembali perjuangan kaum terdahulu, yang pernah mendulang sukses memperjuangkan gerakan pembaharuan.

Kini, di tengah transformasi di segala bidang yang terus menggerus nilai-nilai kebangsaan, kita dihadapkan pada sebuah pilihan: mau berubah sekarang atau tertinggal di belakang? Perubahan membutuhkan kesiapan. Change Readiness, menjadi wacana yang makin hangat dibincangkan. Persoalannya tentu tidak semudah dibayangkan.

Perubahan akan mengakibatkan ketidaknyamanan pada awalnya. Perubahan akan menjungkirbalikkan tatanan yang selama ini sudah enak dinikmati sebagian orang.

Golongan pertama adalah orang yang tidak mau berubah. Kelompok kedua, tahu pentingnya perubahan, namun masih belum mau beranjak. Sedangkan golongan ketiga, yakni kaum reformis yang easy going, ke mana perubahan akan dilakukan mereka siap sedia.

Sebagian dari kita tentu setuju dengan perubahan. Tapi apakah kita juga siap akan dampak perubahan itu? Konsekuensi perubahan bukan hal yang mudah. Jadi? ”Managed change! Or loosed!” Nah, mari kita makin pertajam perubahan paradigma ini dengan meningkatkan kemahiran menjabarkan hal-hal berikut : Why Change? Can We Change? How to Change? When to Change? dan Who the Change?
Menyeruak pula wacana mengenai ekonomi kreatif yang bersandar pada ragam kebudayaan yang kita miliki. Setelah revolusi industri dan revolusi teknologi yang kini sedang berlangsung, maka kejayaan warisan bangsa akan kembali menjadi keunggulan potensial.

Bagaimana kita harus berubah dalam keteraturan? Sekaligus teratur dalam perubahan? Ah... mungkin ini hanya sekedar permainan kata-kata. Tapi kita yang tercelup di arena pengajaran dan pendidikan, kata per-kata dalam perubahan bisa menjadi motor penggerak. Kalau gamang melihat perubahan yang terjadi di sekitar kita, mari kita menjadi lakon dalam layar kehidupan ini.

Salam Pendidikan
Arfi D. Moenandaris

*) Arfi D. Indrawan Moenandaris adalah publisher & chief of editor majalah Teachers Guid, praktisi pendidikan, pembicara, dan konsultan pendidikan. Ia dapat dihubungi melalui email: arfi_tcguide@yahoo.co.id Note: Artikel ini telah dimuat di majalah Teachers Guide Volume II Edisi No.6, 2008.

Tidak ada komentar: