November 09, 2009

MGP BE: Gorontalo, Asyik!


Keberhasilan program peningkatan mutu pendidikan, termasuk MGP-BE ini juga berkat andil dan peran serta pemda dan pejabat setempat. Ditemui saat memberi presentasi di depan evaluasi program di Lombok, Ibu Lilian Rhaman, Kepala Dinas Pendidikan Gorontalo tampil memukau dengan berbagai upaya mendukung pelaksanaan MGP-BE. Berikut petikannya:

Apa saja upaya Diknas setempat untuk menularkan progam MGP-BE?
Banyak. Multi dimensi. Kami lakukan multigrade
teaching (pengajaran kelas rangkap), jika jumlah siswa di bawah rasio. Dan Guru yang melakukan multigrade ini diberikan tunjangan khusus. Gajinya rata-rata Rp. 7 juta. Semua Guru harus S1. Kepala Sekolah harus S2. Untuk desiminasi dan pengimbasan, dilakukan tutor sebaya. Kami fasilitasi dengan mobil, yang disebut teacher bus, yang bergerak ke seluruh kecamatan.

Guru yang belum S1 disarjanakan. Sebanyak 40 orang di S2 kan. Sistem informasi manajemen, sistem informasi geografis, dituangkan dalam Perda.

Ada pula proses re grouping, untuk sekolah-sekolah dengan jumlah gurunya terbatas dan jarak yang dimungkinkan digabung. Kami pertama kali ingin memperbaiki pendidikan dengan memotret peta persoalan. Lantas ‘pelaku mutu’ disebarkan ke seluruh daerah Gorontalo. Tak mungkin ada perubahan kalau tak ada pelaku perubahan.

Kemudian kami juga menata kualifikasi. Dicermati, bagaimana keadaan guru di daerah terpencil, di kota dan luar kota, agar tak terjadi disparitas. Ada perimbangan antara yang mutu dan yang tidak.

Semua orang yang terlibat dalam peningkatan mutu pendidikan harus menjiwai. Harus memiliki komitmen.

Saya mengubah diri saya terlebih dulu, dengan cara meyakini bahwa tugas ini sangat mulia dan membawa amanah perubahan menuju kehidupan yang lebih baik.

Kami akan memberhentikan lurah di suatu wilayah, jika kedapatan ada anak yang tak sekolah. Karena itu, di Gorontalo tak ada lagi anak putus sekolah.
Motto kami: Menjadi Kabupaten Cerdas 2014.

Apa yang menjadi kendala ?
He..he… itu dia, para wartawan dan LSM. Namun saat ini semua sudah kita rangkul. Bukan menjadi kendala lagi.TG

Tidak ada komentar: