November 09, 2009

MGP BE: Praktik yang Baik


Mau tahu gambaran singkat mengenai praktik yang baik itu? Ini kisah dan kiat yang dituliskan oleh Ibu Rita, guru SMPN 2 Rambah Ilir, Rokan Hulu, Riau, seperti yang termuat di media komunikasi Gema edisi 1, 2009.

Berikut petikan pengalamannya:
Jika dilibatkan langsung, siswa sangat menikmati proses belajar. Waktu itu saya menerapkan model ‘meja bundar’ untuk mengajar deskripsi teks. Siswa diminta membawa gambar apa saja dari rumah. Gambar ditempel di kertas HVS. Siswa kemudian dibagi menjadi kelompok beranggotakan 4 orang.

Tugas pertama, siswa diminta mendeskripsikan gambar miliknya. Setelah itu gambar dipindahkan ke teman di samping kiri atau kanannya, untuk mendapat tanggapan. Terus berputar hingga gambar kembali pada pemiliknya. Selanjutnya, siswa diminta bergantian membacakan diskripsinya.

Tugas kedua, setiap kelompok diminta menentukan satu wakil untuk mempresentasikan hasil karya kelompok di depan kelas. Semua siswa diminta menyimak, karena sesudah itu mereka akan diminta mengulang deskripsi yang dipresentasikan.

Siswa sangat antusias. Ada kompetisi antar kelompok dan timbul semangat kerjasama dalam kelompok. Siswa berebut tampil ke depan. Ada 4 ketrampilan sekaligus diasah melalui model ini, yakni writing (menulis deskripsi), reading (membacakan hasil kelompok), listening (mendengarkan presentasi dan diskusi), dan speaking (mempresentasikan). Sangat menyenangkan! TG

Tidak ada komentar: