April 29, 2009

Guru Madrasah Jangan Ketinggalan Zaman

Suasana antusias nampak jelas terlihat di wajah murid-murid kelas VI - MI Salafiyah Syafi’iyah Limo-Depok, di sebuah hari Selasa pagi. Mereka penasaran dengan apa yang dibawa oleh Guru mereka pagi itu. Sebuah tas hitam yang cukup besar dan lain dari yang biasa dibawa oleh pak Agus, Guru Bahasa Indonesia.

Sebelum pelajaran dimulai, pak Agus segera menyapa anak-anak seperti biasanya dan langsung menyiapkan peralatan.”Anak-anak, hari ini bapak ingin memberikan metode pengajaran dengan menggunakan power point,” kata pak Agus. Tema pela­jaran Bahasa Indonesia kali ini tentang periklanan. Wajah ceria anak-anak yang senang dan paham de­ngan penjelasan yang diberikan pak Agus menggunakan presentasi itu.

Pak Agus adalah contoh Guru de­ngan pendekatan baru. Kini telah banyak pelatihan-pelatihan yang diadakan terutama bagi para guru Madrasah. Salah satu di antaranya adalah pelatihan penggunaan Microsoft Office (Word, Excel, dan Power Point), internet, serta pembuatan Blog bagi para Guru Madrasah sebagai Kapasitas Penguatan Madrasah yang diselenggarakan oleh pihak YASMIN – LAPIS di SMK Informatika Utama, Depok.

Banyak manfaat yang didapat para Guru madrasah dari pelatihan-pelatihan semacam ini. Di antaranya, menambah wawasan, memudahkan para Guru untuk mencari data-data di internet, merangsang minat menulis di blog masing-masing. Jadi, Guru Madrasah jangan sampai ketinggalan zaman. TG

Mirza Hanum, S.PdI
Guru di MI Salafiyah Syafi’iyah
mirzasyaman@yahoo.co.id

*) Tulisan ini diterbitkan pada Teachers Guide Edisi No. 8 Vol III/2009.
Dapatkan hard copy di toko-toko Gramedia dan Gunung Agung sekitar Anda.
Atau hubungi bagian berlangganan Hp/SMS ke 0856 8040 385.






Tidak ada komentar: