April 29, 2009

Sampoerna School of Education


Beasiswa Siapa Mau?

Menjadi guru adalah profesi mulia, karena mendidik karakter bangsa. Dan itu
menuntut kita lebih profesional.

Adalah Sampoerna Foundation, yang sebelumnya telah berkecimpung melatih guru dalam lembaga Sampoerna Foundation - Teacher Institute (SFTI) pada tahun 2006, kini lebih jauh melangkah dengan mendirikan ”Putera Sampoerna School of Education” atau SSE, pada awal Maret 2009 lalu. SEE berkomitmen mengembangkan tenaga pendidik (guru) berkualitas tinggi di Indonesia. Prof. S Gopinathan, konsultan senior dari Singapura dan Kenneth Cock, Direktur Sampoerna Foundation Teacher Institute (SFTI).

Sejak 2005, Sampoerna Foundation mengembangkan 17 sekolah dan 5 madrasah di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Bali, termasuk para guru, siswa, kepala sekolah, dan sistem pendidikan. Termasuk juga menyediakan layanan pinjaman biaya pendidikan (student loan). Pada tahun 2009, SF meluncurkan program sekolah bertaraf internasional berasrama, Sampoerna Academy.

Menyambut beroperasinya SSE, dr.Fasli Djalal, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas menekankan bahwa sangat penting bagi Indonesia untuk memiliki lembaga pendidikan guru yang berkualitas.”Kita harus menjawab kebutuhan akan guru berkualitas di Indonesia,” ujar Fasli.

Hal senada diungkapkan Prof. S Gopinathan, konsultan senior dari Singapura. “Untuk bertahan di era globalisasi, Indonesia memerlukan sekolah pendidikan bertaraf dunia yang dapat mengkombinasikan metode pengajaran lokal dan internasional, serta didukung kalangan akademisi yang diakui di tingkat nasional maupun internasional.” SSE, lanjut Gopinathan, mempersiapkan generasi baru guru Indonesia yang siap bersaing di level nasional maupun internasional.

Berlokasi di gedung Sampoerna, Jakarta Pusat, SSE menawarkan fasilitas kampus yang lengkap, dan m­enyajikan materi dengan kurikulum, tenaga pengajar nasional dan internasional serta praktik metode pengajaran terbaik yang disampaikan dalam dua bahasa. Dalam pengoperasiannya, SSE bekerja sama dengan mitra lembaga internasional.
Calon mahasiswa SEE diharapkan datang dengan prestasi akademis terbaik. Pendataftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2009/2010 telah dibuka. Perkuliahan dimulai September mendatang. Dari 80 kursi kelas, 40 diantaranya akan diberikan bagi penerima beasiswa. Program beasiswa SSE sudah termasuk biaya pendaftaran, biaya kuliah, uang saku, uang buku, riset/penelitian internet.

Ada dua jurusan yang dibuka, yaitu Bahasa Inggris dan Matematika. “SSE akan menjadi salah satu institusi paling bergengsi di Indonesia yang menyediakan pendidikan untuk pendidik masa depan dan juga staff pendidik yang professional, memiliki kemampuan mengajar terbaik, kompetitif dan mampu mengembangkan diri untuk menghadapi tantangan pemba­ngunan nasional,” jelas Ron Perkinson, Presiden Sampoerna Foundation.

Lulusan SSE diharapkan menjadi guru dengan kemampuan terbaik­nya. Terlebih lagi, SSE menyediakan pelayanan pengembangan karir, seperti konseling karir professional, ekstrakulikuler yang komprehensif dan kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Tersedia pula program magang guru, untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang sebenarnya serta peluang penempatan kerja.

Ron menambahkan, “Kami sangat ber­untung karena mendapat dukung­an yang kuat dari pemerintah dan kami siap untuk bekerja sama dengan mitra & donor. Kami percaya bahwa dalam waktu dekat kami dapat memberikan dampak yang besar untuk kemajuan pendidikan Indonesia.”

Informasi : www.sampoernafoundation.org, atau email ke info-ti@sampoernafoundation.org, dan ph.(021) 5772340. Bersama, mari ciptakan generasi Guru baru Indonesia! TG


Tidak ada komentar: