Oktober 29, 2010

Ice Breaking Persiapan UASBN dan UN

INSPIRING


Setiyo ‘Trainer Berhonor 2 M’ Iswoyo *)

Dalam menghadapi UASBN atau UN, berbagai persiapan dilakukan. Mulai dari training motivasi, dzikir bersama, muhasabah (renungan), try out, bimbingan belajar dan latihan soal yang biasa dilakukan secara intensif pada semester akhir kelas 6, 9 dan 12.

Biasanya, program pengayaan dilakukan setelah selesai jam sekolah atau setidaknya pada siang hari. Siswa cenderung kehabisan energy. Perlu pengkondisian utuk melibatkan mereka. Lakukan teknik ice breaking!

CONTOH ICE BREAKING
TES 7 MENIT

a. Waktu : 7 menit
b. Alat dan bahan : Lembar soal sebagaimana contoh di bawah
c. Aturan main : Mintalah siswa mengerjakan soal dengan cermat

Lembar Soal :
Tes 7 menit
Baca dengan baik dan seksama seluruh pertanyaan di bawah ini SEBELUM mulai menjawab. Waktu mengerjakan soal 7 menit. Peserta yang paling cepat dan benar dalam menjawab akan mendapatkan penghargaan.
Jawaban dituliskan di balik lembar soal.

1. Tuliskan nama di bagian kanan bawah
2. Tuliskan tanggal lahir di sebelah kiri atas dan beri lingkaran
3. Tuliskan alamat rumah di tengah kertas, tulis dengan HURUF BESAR
4. Tuliskan 2 nama guru yang favorit
5. Tuliskan mata pelajaran yang disenangi
6. Jika punya HP, tuliskan nomor HP
7. Tuliskan 3 makanan kesukaan
8. Bagaimana cara menyelesaikan kasus Bank Century yang sekarang menjadi sorotan? Cukup uraikan dengan 4-5 kalimat.
9. Majulah ke depan kelas, teriakan dengan suara lantang : AKU SUKSES UN
10. Bukalah sepatu, taruhlah di dekat meja guru
11. Jika sudah selesai mengerjakan nomor 10, tuliskan cita-cita Anda di pojok kanan
12. Segera berdiri dan tepuk bahu kanan teman terdekat Anda lalu berikan senyuman terbaik!
13. Katakan: ”Teman, saya sudah selesai, mengapa kamu begitu lambat…ada yang bisa saya bantu?”
14. Sambil kembali ke tempat duduk teriakan dengan lantang: “Yes-yes-yes…akulah manusia tercepat !
15. Buatlah tanda tangan sebagus mungkin di tengah kertas, kumpulkan kertas jawaban di meja guru dan kembali ke tempat duduk dengan tenang
16. Teriakkan : SAYA SIGAP MENGERJAKAN SEGALA HAL!
17. Tepuk tangan 5 kali sebagai tanda telah menyelesaikan soal
18. Kerjakan hanya soal nomor 5, 7, 15
19. Tuliskan 4 nama teman akrab
20. Tuliskan 3 tokoh idola

• Perwakilan siswa menyampaikan komentar atas permainan
• Ulasan : kecepatan dalam mengerjakan soal ujian adalah satu hal yang penting, namun kecepatan tanpa kehati-hatian, ketepatan dan ketelitian akan membawa kerugian.
Dalam simulasi tes 7 menit tersebut, mayoritas siswa akan langsung mengerjakan soal tanpa memperhatikan instruksi yang diberikan, yaitu membaca seluruh soal terlebih dahulu sebelum mengerjakan. Siswa yang teliti hanya akan mengerjakan soal nomor 5, 7 dan 15, sebagaiman instruksi dalam nomor 18.

HURUF AKHIRMMU HURUF AWALKU

a. Waktu : 10 menit
b. Alat dan bahan : -
c. Aturan main :
• Seluruh siswa membentuk lingkaran besar
• Permainan dimulai dengan meminta seorang siswa menyebutkan 1 nama. Nama yang disebutkan bebas, tidak harus nama sendiri atau nama temannya.
• Siswa di sebelah kanan menyebutkan 1 nama dengan syarat : nama yang disebutkan berhuruf awal yang sama dengan huruf akhir dari nama yang disebutkan sebelumnya. Misalnya : AntoN, NununG, GunawaN, NadiA, Asri dst.
• Syarat berikutnya : setiap siswa hanya diberi waktu 3 detik untuk berpikir dan menyebutkan nama. Jika waktu berpikir terlalu lama, permainan diulangi dengan variasasi nama yang berbeda. Nama yang telah disebut tidak boleh disebutkan lagi.
• Mintalah siswa memberikan tanggapan atas permainan.
• Ulasan : Permainan ini melatih kecepatan berpikir dan kesigapan yang harus dimiliki siswa ketika menghadapi situasi yang mendesak.
Contoh ice breaking di atas adalah sebagian kecil permainan yang bisa digunakan. Ada banyak permainan yang bisa kita gali dari berbagai sumber. Salah satu sumber ice breaking adalah siswa. Ada baiknya kita meminta siswa untuk memperagakan permainan yang mereka miliki. Selain permainan, siswa juga bisa diminta untuk memberikan tebak-tebakan. Biasanya para siswa mampu memunculkan tebakan yang lucu untuk menghidupkan suasana.
Hal lain, kegiatan latihan soal dapat juga dilakukan di luar kelas. Misalnya di koridor, di halaman sekolah atau tempat lain yang nyaman dan teduh. Strategi ini akan membantu mengurangi kejenuhan selama kegiatan berlangsung. Semoga Bermanfaat.

*) Lead Trainer di YLC (Yasmin Learning Center) Jakarta. Bersama tim Trainer dari YLC, mendedikasikan diri untuk memberikan training gratis bagi guru atau sekolah yang berkeinginan maju namun terkendala biaya, training parenting gratis bagi orang tua siswa dari keluarga tidak mampu serta training motivasi gratis bagi remaja. Hingga mendapat julukan ‘Trainer berhonor 2 M’, artinya setelah training, akan mendapat penghargaan dari panitia berupa ucapan: Makasih Mas. Penulis dapat dihubungi di : iswoyo2000@yahoo.com

*) Tulisan ini diterbitkan dalam Majalah Teachers Guide edisi No. 10/Tahun ke IV/ 2010. Dapatkan di counter Gramedia/Gunung Agung, atau di komunitas-komunitas guru. Kehabisan? Hubungi Sirkulasi di 0812 824 22801, atau di Fleksi (021) 684 58569. Terima kasih.

Tidak ada komentar: